HUJAN BULAN JUNI (BOOK REVIEW)

Bagaimana mungkin seseorang bisa mendadak terbebaskan dari jaringan benang yang susun-bersusun, silang-menyilang, timpa-menimpa dengan rapi di selembar saputangan yang sudah bertahun-tahun lamanya ditenun dengan sabar oleh jari-jarinya sendiri oleh kesunyiannya sendiri oleh ketabahannya sendiri oleh tarikan dan hembusan napasnya sendiri oleh rintik waktu dalam benaknya sendiri oleh kerinduannya sendiri oleh penghayatannya sendiri tentang hubungan-hubungan pelik antara perempuan dan laki-laki yang tinggal di sebuah ruangan kedap suara yang bernama kasih sayang.

Itulah sepenggalan kalimat yang aku kutip dari novel yang berjudul “Hujan Bulan Juni” karya Sapardi DJoko Damono salah satu pujangga terkenal di Indonesia.

Pantas saja jika dalam novel ini kaya akan kata-kata puitis yang begitu indah, karena novel ini memang diangkat dari sebuah puisi yang berjudul sama yakni “Hujan Bulan Juni”

Novel ini bercerita tentang kisah cinta Sarwono seorang pria berdarah jawa dan Pingkan seorang wanita cantik berdarah Jawa dan Menado. Mereka berdua merupakan dosen muda di UI yang cerdas.

Kisah cinta mereka berdua mulai dicoba ketika Pingkan mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studinya di Jepang dan Sarwono mendapat banyak sekali tugas untuk keliling Indonesia yang membuatnya penyakit paru-paru yang dimiliki oleh Sarwono semakin memburuk.

Cerita novel ini sebenarnya sangat sederhana namun dikemas secara lebih puitis yang menambah kesan ‘cantik’ saat dibaca. Mungkin untuk pemula ataupembaca remaja sepertiku kalian akan sedikit mendapat kesulitan karena didalam novel ini terdapat banyak sekali istilah dalam bahasa Jawa atau dalam bahasa Jepang yang mungkin tidak kita ketahuiapa artinya.

Tampilan cover novel “Hujan Bulan Juni” ini yang walau sederhana namun berkonsep! dengan tulisanyang sengaja dibuat pudar seperti telah terkena tetesan hujan.

I give 4/5 untuk novel ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s